Nama : Anton Satria B

Npm : 23409835

Kelas : 4 IC 03

1. Jelaskan alasan pentingnya mengetahui dan memahami konsep biaya dalam kaitan dengan pengelolaan proyek di bidang teknik !

Jawab:

Dengan memahami dan mengetahui konsep biaya dalam pengelolaan proyek kita menjadi mengetahui biaya-biaya apa saja yang harus dilakukan dan paling sering dikeluarkan sehingga terperinci secara jelas biaya pengeluaran dan pemasukannya. Tujuannya agar tidak terjadi kerugian dalam pengelolaan suatu proyek dan dengan terperincinya biaya pengeluaran dan pemasukan kita berharap agar tidak terjadi tindak KKN dan salah penggunaan dalam pengelolaan proyek tersebut.

2. Dalam suatu pengelolaan proyek di bidang teknik, mana yang lebih penting untuk diperhatikan antara keandalan peralatan dengan analisa bisnis dari proyek tersebut? Jelaskan jawaban anda !

Jawab  :

Menurut saya, keduanya mempunyai peranan yang penting dalam  suatu  proyek, sehingga keandalan alat dan analisa bisnis harus benar-benar diperhatikan. Keandalan peralatan merupakan salah satu faktor pendukung jalannya suatu proyek atau faktor pendukung suksesnya pengerjaan proyek tersebut. Namun dari segi anlaisa bisnis, kita juga harus memperhatikan besar biaya yang harus dikeluarkan dalam pengadaan dan perawatan alat-alat tersebut. Seberapa penting keandalan alat dalam proyek tersebut ? Seberapa besar kontribusi alat tersebut ? Apakah biaya yang kita keluarkan sebanding dengan kinerja alat tersebut ? Apakah alat terbut mampu memberikan hasil maksimal dan keuntungan bagi proyek tersebut ? Tentunya semua itu harus kita perhitungkan. Itulah sebabnya mengapa kita harus memperhatikan keduanya sehingga besarnya biaya pemasukan bisa sebanding dengan biaya pengeluaran atau lebih besar dari biaya pengeluaran sehingga kita tidak merugi dalam menjalankan proyek tersebut.